Live vest adalah sebuah pengaman agar seseorang tidak tenggelam saat berada di perairan. Sama hal nya dengan mengendarai sepeda motor, kewajiban memakan helm dengan standar SNI adalah sesuatu hal yang wajib. Berbicara soal live vest atau jaket keselamatan, banyak sekali penumpang yang mengabaikan tentang pentingnya menggunakan live vest.

Dengan banyaknya transportasi air di wilayah Indonesia, sudah pasti live vest menjadi kebutuhan wajib. Banyak tempat di wilayah Indonesia berupa wilayah Kepulauan. Dan dengan geografis seperti itu pula transportasi air menjadi satu-satunya pilihan untuk digunakan. Tak ayal, kebutuhan akan penggunaan live vest sendiri pun kian meningkat.

Live Vest Untuk Keselamatan

Live vest adalah kebutuhan wajib di setiap transportasi air. Baik itu di wilayah sungai maupun laut. Live vest merupakan suatu kebutuhan dengan waktu guna tertentu sesuai pemakaian. Itu artinya harus ada pembaharuan jika kondisi live vest sudah tidak layak pakai.

Live vest sendiri memiliki beragam jenis. Ada live vest standar dengan busa tebal, adapula live vest portable dengan kandungan gas CO2 yang terkompresi. Live vest standar dapat dijumpai di kapal-kapal angkut. Sedangkan live vest portable sering dijumpai di pesawat.

Dalam penggunaannya, live vest adalah sebuah benda dengan beragam tipe dalam penggunaannya. Semuanya tergantung kebutuhan penggunanya. Untuk transportasi melalui jalur laut, live vest yang digunakan adalah tipe satu dengan sertifikasi dari USCG (United States Cost Guard).

Live vest tipe satu ini memiliki spesifikasi yang sesuai jika terjadi kondisi darurat. Live vest ini dapat membuat penggunanya tetap berada pada posisi telentang dengan wajah di permukaan. Walaupun dalam posisi tengkurap sekalipun, live vest ini akan tetap membuat penggunanya pada safety position.

Selain itu live vest sendiri juga memiliki daya apung hingga 100 newton. Tentu saja dengan daya apung yang begitu besar membuat ukurannya agak tebal.

Baca Juga : Jaket Pelampung Dewasa Murah Tapi Berkualitas

Live Vest Standar USCG

Hingga saat ini, United States Cost Guard menjadi acuan dalam penggunaan alat keselamatan laut. Hasil uji coba yang telah paten dan mampu menyelamatkan pemakainya menjadi alasan setiap negara menerapkan standar USCG. Berikut beberapa live vest dengan standarisasi USCG.

1. Commercial Live Jacket (Live Vest Tipe 1)

Tipe yang pertama ini umum digunakan dalam transportasi air. Live vest ini dapat digunakan hampir di seluruh wilayah perairan, mulai dari samudera lepas, laut berombak, hingga wilayah perairan terpencil. Ukuran dari live vest tipe 1 ini cukup tebal, namun daya apung nya merupakan yang paling tinggi dari semua tipe live vest.

Warna yang digunakan biasanya warna cerah. Kemampuan dari live vest tipe satu ini adalah mampu membuat penggunanya tetap berada pada safety position. Daya apungnya menempati posisi teratas dengan kekuatan 100 newton. Selain itu live vest tipe satu versi kompresi gas CO2 memiliki daya apung hingga 150 newton.

2. Near-shore Live Vest (Live Vest Tipe 2)

Live vest adalah perangkat wajib saat dilakukan penyelamatan terhadap korban perairan. Untuk pertolongan pada wilayah perairan yang tenang dengan penyelamatan yang bisa dilakukan dengan cepat,tipe ke dua merupakan yang pas.

Kemampuan nya hampir sama dengan live vest tipe satu, yaitu dapat membuat pengguna pada safety position. Namun hal tersebut tidak selalu berhasil, sehingga penggunaannya hanya diperuntukkan di wilayah perairan yang tenang. Ukurannya juga tebal, namun daya apungnya hanya berkisar pada 70 newton.

3. Floation Aid (Live Vest Tipe 3)

Live vest yang satu ini digunakan untuk melakukan rescue dengan segera. Live vest tipe tiga ini memberikan keleluasaan bagi penggunanya, baik di dalam air maupun permukaan. Saat berada di dalam air, pengguna harus secara mandiri memposisikan diri agar kepala tetap di permukaan.

Daya apung dari live vest ini hanya berkisar pada kekuatan 70 newton. Kelebihan nya terletak dari segi kenyamanan. Yaitu ukuran yang tidak tebal sangat nyaman digunakan sepanjang perjalanan,

4. Throwable Devices (Live Vest Tipe 4)

Penggunaan live vest adalah dengan di lempar sesuai dengan namanya. Bentuknya umum seperti donat dengan ruang di tengahnya. Live vest yang satu ini tidak diperuntukkan bagi orang yang tidak bisa berenang. Di perairan dengan intensitas gelombang tinggi juga kurang cocok untuk digunakan. Daya apungnya hanya berkisar 75 newton.

5. Special Devices (Live Vest Tipe 5)

Live vest tipe ini memiliki fungsi dengan lable khusus. Penggunaannya pun harus sesuai dengan label yang tertera. Contohnya penggunaan untuk olahraga kayak, ski, dan lain-lain. Daya apung dari live vest ini berkisar antara 70-100 newton.

Baca Juga : Pentingnya Jaket Pelampung Demi Menjaga Keselamatan

Live Vest Klasifikasi Uni Eropa

Beda halnya dengan standar USCG, menurut Uni Eropa, live vest diklasifikasikan sesuai dengan daya apungnya. Daya apungnya dibagi mulai terkecil 50 newton hingga 275 newton. Kegunaannya sebenarnya hampir sama dengan standar USCG, namun lebih ditekankan soal daya apungnya. Berikut daftar klasifikasi menurut Uni Eropa.

1. Buoyancy Aid 50 N

Diperuntukkan bagi orang yang bisa berenang. Daya apungnya sesuai dengan namanya, yaitu sebesar 50 newton. Kegunaannya hanya untuk mengapung saja. Tidak memberi jaminan kepada pengguna yang tidak bisa berenang.

2. Live Vest 100 N

Dengan kekuatan daya apung sebesar 100 newton live vest yang satu ini diperuntukkan bagi yang bisa berenang maupun tidak. Bisa digunakan di seluruh wilayah perairan dengan daya rescue yang cepat. Tidak memberi jaminan keselamatan bagi pengguna yang tidak sadar (pingsan).

3. 150 Newton

Penggunaannya untuk semua kalangan. Daya apung sebesar 150 newton. Dapat digunakan diseluruh wilayah perairan. Namun tipe ini tidak dianjurkan digunakan saat terjadi badai di tengah lautan, karena jaminan keselamatannya tidak diperuntukkan jika terjadi badai.

4. Live Jacket 275 Newton

Dari semua klasifikasi Uni Eropa, live vest yang satu ini merupakan yang paling kuat. Daya apungnya, berkisar 275 newton. Bisa digunakan di semua kondisi cuaca, hingga terburuk sekalipun. Dengan live vest ini juga dapat membawa barang bawaan.

Baca Juga : Live Vest Sebagai Perlengkapan Keamanan Untuk Aktivitas Air

Live Vest Adalah Hal Wajib Dalam Transportasi Air di Indonesia

Live vest menjadi elemen wajib yang harus digunakan di seluruh transportasi air, baik di sungai maupun laut. Penggunaan live vest untuk keselamatan transportasi juga diatur dalam permen nomor 25 yang terbit pada tahun 2015 tentang standar keselamatan.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa setiap transportasi sungai, danau dan penyeberangan wajib memiliki live vest. Ada beberapa aturan terkait live vest yang standar digunakan. Berikut beberapa kriteria live vest sesuia permen tersebut.

  • Memiliki label ‘baju penolong’ dengan ketentuan huruf tidak lebih maupun kurang dari 25 milimeter serta bersifat permanen.
  • Petunjuk pemakaian live vest harus jelas.
  • Seluruh petunjuk harus berupa tulisan maupun gambar.
  • Terdapat pada setiap kompartemen atau terpampang jelas di setiap bagian kapal.
  • Jumlah life vest harus sesuai dengan aturan jumlah di setiap kapal
  • Terdapat saku untuk menyimpan peluit ataupun lampu penerangan yang permanen sehingga memudahkan penyelamatan.

Namun disayangkan, hingga saat ini live vest adalah suatu kebutuhan yang mahal. Selain mahal, beberapa tipe live sesuai standar USCG maupun Uni Eropa masih sangat susah untuk dicari di Indonesia. Kami Daksana Bumi Teknik hadir untuk mengatasi  masalah tersebut.

Kami menyediakan live vest yang telah sesuai dengan permen dan berstandar USCG. Jika Anda ingin mendapatkan informasi selengkapnya tentang produk live vest yang kami sediakan, segera saja hubungi nomor contact person kami yang sudah tertera di website ini.

Baca Juga : Jaket Pelampung Anak, Alat Yang Sangat Berguna

Categories: Blog

2 Comments

Pentingnya Jaket Pelampung Demi Menjaga Keselamatan - · January 30, 2020 at 2:33 am

[…] Baca Juga : Live Vest Adalah Elemen Wajib Dalam Transportasi Air, Ini Info Selengkapnya […]

Jaket Pelampung Anak, Alat Yang Sangat Berguna - · January 30, 2020 at 3:58 am

[…] Baca Juga : Live Vest Adalah Elemen Wajib Dalam Transportasi Air, Ini Info Selengkapnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *