Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini menuntut manusia untuk dapat mengukur sesuatu dengan mudah. Alat pengukur warna atau yang juga bisa disebut dengan colorimeter adalah salah satu alat yang sangat berguna di kehidupan manusia. Hal ini menjadikan colorimeter menjadi penemuan baru di bidang alat ukur dan alat uji.

Pengertian Colorimeter

Secara pengertian, colorimeter adalah alat ukur yang dapat mengukur daya sensitif sebuah benda terhadap cahaya yang menyerapnya. Daya sensitif yang diukur pada alat ini adalah warnanya. Cara kerja alat ini adalah menunjukkan kualitas warna kualitas warna berdasarkan warna-warna tertentu yang mana warna tersebut diserap oleh sebuah benda.

Ketika benda tersebut dilewati oleh cahaya, benda tersebut akan menyerap cahaya dan hasilnya adalah cahaya lewat yang diserap. Hukum Beer-Lambert menjadi inspirasi dari cara kerja alat ini. Hukum tersebut membuktikan bahwa penyerapan cahaya yang ditembakkan ke benda berbanding lurus dengan konsentrasi benda.

Cara kerja dari colorimeter ini adalah dengan melewatkan panjang gelombang tertentu dari cahaya menjadi sebuah solusi. Selanjutnya alat akan mengukur cahaya yang lewat melalui bagian yang lainnya. Berbagai contoh solusi yang mana pada konsentrasi diketahui pertama kali diuji akan menjadi konsentrasi sampel yang tidak diketahui.

Baca Juga : Jaket Pelampung Dewasa Murah Tapi Berkualitas

Fungsi Colorimeter

Colorimeter adalah alat yang sering digunakan terutama dalam industri monitor dan industri televisi. Kegunaan alat tersebut menjadi sebuah penguji kontras warna dan kecerahan pada layar monitor atau layar televisi. Alat ini bisa menjadi sebuah alat ukur yang mana dapat menentukan kualitas monitor atau televisi tersebut sangat baik atau buruk.

Tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengukur monitor dan televisi saja, alat ini juga memiliki kegunaan terutama untuk para pedagang berlian. Mereka menggunakan colorimeter sebagai alat untuk mengukur batu mulia pada sifat optiknya. Para pedagang berlian menggunakan alat ini untuk mengecek dan mengukur sesuatu yang ada hubungannya dengan warna.

Di percetakan, alat ini juga berguna yaitu sebagai alat untuk mengukur intensitas warna pada kertas yang sudah melalui proses cetak. Colorimeter pada percetakan juga berguna untuk menentukan kualitas kertas dari segi warna tintanya apakah warna tinta tersebut baik atau buruk.

Lain lagi di dunia kesehatan, alat ini digunakan untuk menganalisa warna kulit seseorang. Lebih tepatnya alat ini digunakan untuk menggolongkan warna kulit serta untuk mendiagnosa suatu penyakit tertentu. Tidak cukup hanya warna kulit saja yang digunakan dalam kesehatan, alat ini juga digunakan untuk mengecek warna gigi dan konsentrasi hemoglobin darah.

Jenis Colorimeter

Sampai saat ini, sudah ada banyak jenis colorimeter yang ada di dunia termasuk di Indonesia. Jenis dari colorimeter di bawah ini memiliki kegunaan yang sama namun dengan fitur yang berbeda. Untuk itu berikut di bawah ini adalah beberapa jenis colorimeter yang ada di Indonesia.

1. Colorimeter AMT511

Alat ukur yang pertama dan menjadi salah satu alat ukur warna yang terbaik adalah colorimeter AMT511. Colorimeter ini memiliki presisi yang tinggi dalam melakukan pekerjaan serta sesuai dengan standar internasional serta domestik. Banyak orang yang menggunakan alat ini untuk melakukan penelitian serta produksi.

Fungsi alat ini bermacam-macam, salah satunya untuk melakukan pencocokan warna pada injeksi dan kontrol kualitas produksi. Colorimeter AMT511 ini juga bisa digunakan untuk menentukan perbedaan warna dalam proses percetakan. Perbedaan dari warna logam juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang sangat canggih ini.

2. Colorimeter AMT506

AMTAST juga memproduksi alat ukur yang ringan dan mudah untuk dipegang, salah satunya adalah colorimeter AMT506. Kelebihan dari alat ini adalah memiliki dua kalibrasi yaitu nol kalibrasi dan kalibrasi putih. Jika dibandingkan dengan alat sebelumnya, data yang didapatkan untuk mengukur lebih akurat serta lebih stabil.

Selain itu, alat ukur ini dilengkapi dengan tiga bahasa yang mempermudah untuk melakukan pengukuran warna. Pengoperasian alat ini juga menjadi sedikit lebih mudah karena terdapat pilihan berbagai mode cahaya dan ruang warna. Ruang penyimpanan data yang besar juga menjadi daya tarik dari alat yang satu ini.

Baca Juga : Enam Perlengkapan dan Peralatan Alat Pemadam Kebakaran

3. Chroma Meter CR-410

Alat yang diproduksi oleh Konica Minolta ini menjadi salah satu alat yang bagus untuk mengukur warna. Kelebihan dari alat ini tentunya memiliki layar LED yang lebih lebar serta bisa dibawa kemana saja karena alat ini tergolong portabel. Selain itu alat ini juga bisa kompatibel dengan aplikasi SpectraMagic NX yang mana berguna dalam pengukuran dan analisa warna.

4. Colorimeter AMT500

Setelah melihat pada alat yang diproduksi Konica Minolta, kini kembali pada alat yang diproduksi oleh AMTAST. Alat yang memiliki bentuk yang unik ini memiliki panjang 170 milimeter, lebar 50 meter, dan tinggi 48 milimeter. Berat dari alat ini adalah 204 gram dan belum termasuk batu baterai AAA dua biji. Alat ini bisa dinyalakan dengan DC/5V atau bisa dicolok ke listrik.

5. Colorimeter AMT501U, AMT501X, AMT501

Jika menginginkan alat ukur warna yang portabel dan tanpa harus dicolokkan ke listrik bisa mencoba AMT501U. Alat ini memiliki fitur untuk melihat hasil pengukuran yang akurat karena dilengkapi dengan sumber cahaya yang menggunakan cahaya putih. AMTAS AMT501U ini merupakan versi terbaru dari alat yang lama, yaitu AMTAS AMT501.

Tidak ada perbedaan yang mendasar dari versi U, versi X, dan versi biasa. Akan tetapi yang jelas, versi U dan X mengalami perbaikan yaitu pada papan putih serta papan hitam yang ada dalam alat ukur. Untuk baterai yang digunakan masih sama yaitu baterai alkaline biasa atau baterai nikel khusus yang berjumlah sebanyak 4 buah.

Selain daya, dimensi alat ini juga masih sama, yaitu panjang 77 milimeter, lebar 86 meter, dan tinggi 210 milimeter. Berat alat ini juga sama yaitu 550 gram. Ketiga jenis alat memiliki penyimpanan dan uji kaliber yang sama. Penyimpanannya bisa menyimpan hingga 30 jenis sampel dengan uji kaliber 8 milimeter.

6. Colorimeter AMT515

Alat ini sedikit berbeda dari yang sudah disampaikan di atas karena alat ini memiliki kelebihan yang tidak ditemukan di alat pengukuran warna yang lain. Pembelian alat ini sudah dilengkapi dengan aplikasi yang mempermudah analisa dari alat ini. Selain itu, alat ini juga bisa dihubungkan dengan perangkat lain melalui port USB.

Sensor dari alat ini lebih sensitif dibandingkan dengan alat ukur warna di atas. Tujuan penggunaan sensor yang lebih sensitif ini membuat alat ini dapa t melakukan pengukuran dengan lebih cepat. Alat ini juga dilengkapi dengan penyimpanan hingga 20.000 jenis sampel. Daya yang digunakan pada alat ini juga lebih besar yaitu baterai lithium 3200 mAh.

Colorimeter adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran warna pada sebuah benda. Banyak instansi yang menggunakan alat ukur ini dengan kegunaan yang berbeda-beda. Prinsip kerja alat ini menggunakan hukum Beer-Lambert. Maka dari adanya colorimeter, muncul berbagai alat yang memiliki berbagai kelebihan masing-masing.

Baca Juga : Mengenali Jenis APAR Beserta Fungsinya Sebagai Tindakan Menanggulangi Kebakaran

Categories: Blog

2 Comments

Enam Perlengkapan dan Peralatan Alat Pemadam Kebakaran - · January 13, 2020 at 9:56 am

[…] Baca Juga : Colorimeter Adalah Alat Ukur Warna, Inilah Informasi Lengkapnya […]

Mengenali Jenis APAR Beserta Fungsinya Sebagai Tindakan Menanggulangi Kebakaran - · January 30, 2020 at 4:26 am

[…] Baca Juga : Colorimeter Adalah Alat Ukur Warna, Inilah Informasi Lengkapnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *