Kebakaran hutan, lahan, perkampungan, perkotaan, dll sekarang ini sudah marak terjadi. Kemarau panjang, tabung yang meledak dan konsleting listrik adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran artikel ini akan mengupas informasi mengenai alat pemadam kebakaran.

Saat ini semua aktivitas yang berkaitan dengan hal yang menyebabkan kebakaran harus  selalu memprioritaskan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pekerja. Hal ini diwajibkan sebab untuk mengurangi dan mencegah terjadinya jatuhnya korban dan kerugian yang disebabkan karena kebakaran. Oleh sebab itu, sekarang pemerintah menghimbau setiap rumah, kantor, rumah sakit, dll harus menyediakan alat pemadam kebakaran.

Perlengkapan dan peralatan alat pemadam kebakaran sekarang ini sudah banyak perusahaan yang membuka usaha di bidang ini. Sehingga akan dengan mudah membelinya, sehingga akan mengurangi kecelakaan yang diakibatkan karena kebakaran. Untuk lebih tahu peralatan dan perlengkapan alat pemadam apa yang sesuai dan tepat digunakan, lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini:

1. Baju Tahan Panas

Perlengkapan baju tahan panas ini sangat diperlukan oleh para petugas pemadam kebakaran. Baju ini memang berat berat tersebut bisa mencapai kurang lebih 4,8 kg. Berat baju tahan panas ini belum termasuk atau terhitung helm dan perlengkapan lainnya.

Baju tahan panas ini dibuat atau di desain untuk memberi perlindungan kepada bagian tubuh. Perlindungan tersebut untuk mencegah bagian tubuh dari kobaran api saat bertugas.

Ketika akan menggunakan baju tahan panas ini pastikan kenakan dengan lengkap dan benar. Sebab, apabila tidak benar maka kemungkinan akan terkena panasnya api sangat besar.

Bahan dan spesifikasi baju tahan panas yang dibuat harus bisa melawan radiasi panas. Radiasi yang cukup besar yang keluar dengan kekuatan atau tekanan besar maka akan membuat api berkobar besar.

Kemudian memiliki berat yang ideal. Biasanya baju tahan panas ini dibuat dengan memiliki berat sekitar lebih kurang 4,8 kg. Selain itu, bahan yang dibuat harus berasal dari bahan khusus. Bahan yang dibuat berasal dari serat akrilik dipadukan inti benang fiberglass dan aluminium.

Baca Juga : Mengenali Jenis APAR Beserta Fungsinya Sebagai Tindakan Menanggulangi Kebakaran

2. Baju Tahan Api

Baju tahan api merupakan baju khusus untuk para pekerja pemadam kebakaran. Perlu diketahui bahwa baju tahan panas ini sudah dilengkapi dengan celana. Aluminium foil tebal merupakan bahan untuk membuat celana tahan api.

Selain celana untuk baju tahan api dilengkapi pula dengan penutup kepala. Penutup kepala tersebut sudah diberi lapisan kaca bening, senter, sepatu, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Bahan atau spesifikasi baju pemadam kebakaran dibuat untuk menyelamatkan korban dari bahaya kebakaran. Macam pilihan bahan baju yang digunakan salah satunya adalah nomex IIIA. Nomex IIIA merupakan baju yang tahan terhadap api. Bahan nomex ini tidak bisa meleleh jika terkena api serta tidak bisa terbakar jika terkena udara.

Selanjutnya yaitu bahan yang digunakan dari serat asbes. Bahan ini bersifat tahan panas, sehingga cocok untuk para pemadam kebakaran. Yang ketiga ada serat aramid, serat ini selain kebal terhadap api, juga memiliki serat yang kuat.

3. Helm Pemadam Kebakaran

Helm pemadam kebakaran berbeda dengan helm biasa yang dipakai pengendara motor. Berat yang dimiliki helm pemadam kebakaran yaitu berkisar lebih kurang 1,36 kg. Meskipun memiliki berat yang berbeda dengan berat helm lainnya, namun helm ini sudah memiliki standar perlindungan ekstra.

Bahan dan Spesifikasi Helm Pemadam Kebakaran salah satunya menggunakan 2 bahan. Bahan atau material tersebut yaitu berasal dari bahan anti panas dan anti benturan. Sehingga akan aman jika digunakan para pekerja pemadam kebakaran.

Bahan lainnya yaitu kaca, kaca yang digunakan adalah kaca bening yang berkualitas. Desain untuk membuat bahan ini dengan face protector. Desain face protector ini terbuat dari polycarbonate yang memiliki ketebalan 2 mm.

Selain itu ada tali pengikat. Tali pengikat pada helm ini sama dengan tali pengikat helm pada umumnya. Tali ini memiliki fungsi yaitu untuk menjaga antara kepala dan helm tidak terlepas. Neck protection merupakan kain helm yang berada pada bagian belakang. Kain khusus ini memiliki bahan khusus yang tahan panas.

4. Sarung Tangan Pemadam Kebakaran

Suede merupakan bahan utama untuk pembuatan sarung tangan pemadam. Alam pemadam kebakaran ini bisa juga menggunakan bahan yang berasal dari kulit sapi dengan kualitas terbaik.

Sarung tangan khusus pemadam kebakaran ini berbeda dengan sarung tangan lainnya. Hal ini disebabkan karena bahan yang digunakan sangat kuat, berkualitas dan yang pasti tahan api.

Untuk saat ini penjualan sarung tangan sangat mudah. Banyak penjual yang menyediakan sarung tangan pemadam ini. Namun, harga sarung tangan ini lumayan menguras kantong. Harga sarung tangan bisa mencapai dua puluh kali lipat dari harga sarung tangan biasa.

Bahan atau spesifikasi dari sarung tangan selain suede ada juga reflektor. Reflektor ini sudah digabungkan dengan sarung tangan. Fungsinya yaitu untuk memberikan cahaya apabila berada pada kondisi gelap. Kemudian ukuran dari sarung tangan ini berkisar 16 inchi. Untuk memberi kenyamanan disediakan juga ukuran lainnya.

Baca Juga : Colorimeter Adalah Alat Ukur Warna, Inilah Informasi Lengkapnya

5. Sepatu Boots Safety

Sepatu boots safety ini memiliki fungsi untuk menghindari bahaya khususnya bagian kaki. Bagian kaki para pekerja bisa terjaga apabila menggunakan sepatu jenis ini.

Semua perlengkapan alat pemadam kebakaran harus dikenakan dengan baik dan benar. Supaya menghindari kecelakaan para pekerja pemadam kebakaran.

Kecelakaan yang kadang dialami oleh pemadam yaitu kulit yang terbakar, terpeleset, tertusuk duri atau paku dll. Dengan menggunakan sepatu ini kecelakaan tersebut bisa teratasi.

Bahan yang digunakan untuk membuat sepatu pemadam ini yaitu dengan bahan yang berkualitas. Selain bahan yang berkualitas untuk segi keamanan juga sudah terjamin. Sebab, sepatu ini sudah didesign dengan baik  dan sudah layak uji.

6. Breathing Apparatus atau BA

Breathing apparatus biasa juga dikenal dengan Self Contained breathing apparatus (SCBA). Alat ini biasanya memiliki fungsi sebagai alat pernapasan. Apabila petugas berada pada situasi kebakaran yang besar, tidak menutup kemungkinan pekerja mengalami sesak napas.

Sesak napas yang ditimbulkan oleh api sangat berbahaya. Sehingga pastinya akan berbahaya bila tidak segera ditangani di tempat. Oleh sebab itu, semua alat pemadam kebakaran harus menyediakan perlengkapan pemadam ini.

Ada tiga komponen utama dari breathing apparatus (BA). Komponen yang pertama yaitu tangki atau tabung. Tangki ini memiliki volume atau isi yang beravariasi. Pada umumnya kapasitas yang dimiliki tabung iniberkisar dari 2L hingga 9L.

Bahan untuk membuat tangki atau tabung ini biasanya dari baja atau fiber composite. Kedua adalah regulator. Regulator disini mempunyai fungsi untuk mengatur tekanan.

Ketiga yaitu sambungan inhalasi. Sambungan ini berupa corong mulut dan masker untuk menutupi bagian wajah yang menyatu.

Sekian informasi yang bisa diberikan mengenai perlengkapan dan peralatan alat pemadam kebakaran. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat, tetap utamakan keselamatan dalam bekerja.

Baca Juga : Jaket Pelampung Dewasa Murah Tapi Berkualitas


3 Comments

Mengenali Jenis APAR Beserta Fungsinya Sebagai Tindakan Menanggulangi Kebakaran - · January 13, 2020 at 9:59 am

[…] Baca Juga : Enam Perlengkapan dan Peralatan Alat Pemadam Kebakaran […]

Colorimeter Adalah Alat Ukur Warna, Inilah Informasi Lengkapnya - · January 13, 2020 at 10:01 am

[…] Baca Juga : Enam Perlengkapan dan Peralatan Alat Pemadam Kebakaran […]

Jaket Pelampung Dewasa Murah Tapi Berkualitas - · January 13, 2020 at 10:04 am

[…] Baca Juga : Enam Perlengkapan dan Peralatan Alat Pemadam Kebakaran […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *