Alat yang sangat penting dalam kehidupan terutama dalam kegiatan di air adalah pelampung. Terlebih lagi jika pelampung tersebut digunakan pada anak-anak yang mana dapat memberikan keamanan ketika berenang. Dari berbagai macam jenis pelampung, jaket pelampung anak menjadi sebuah alat yang sangat berguna untuk belajar berenang.

Meskipun ada juga jenis pelampung yang dikenakan di kaki, akan tetapi dengan pelampung jenis tersebut dirasa kurang mampu bebas bergerak. Untuk itu jaket pelampung anak dipilih banyak orang karena anak dapat bebas dalam berenang.

Baca Juga : Live Vest Sebagai Perlengkapan Keamanan Untuk Aktivitas Air

Jenis Jaket Pelampung Anak

Walaupun sekarang sudah banyak jenis pelampung, akan tetapi jaket pelampung juga bervariasi. Berikut ini adalah variasi dari jaket pelampung anak yang bisa menjadi rekomendasi kepada anak-anak.

1. Intex Swim Vest Orange

Jaket pelampung anak yang saat ini sedang laris di pasaran adalah jaket dengan merek INTEX. Banyak yang mencari serta menjual alat pelampung ini dengan harga yang bermacam-macam tergantung dari ukurannya. Jaket pelampung yang satu ini memiliki warna oranye yang mana dapat memudahkan lifeguard ketika tenggelam.

Ukuran dari rompi renang ini adalah 50 sentimeter untuk lingkar badannya serta 47 sentimeter untuk panjangnya. Bahan jaket yang menggunakan vinyl 25 milimeter dan bisa dilipat menjadi kelebihan dari jaket pelampung ini. Terdapat juga 3 ruang udara beserta kerah karetnya dan 2 gesper yang digunakan untuk menyesuaikan tubuh anak.

2. Swim Vest Step A

Untuk yang memiliki anak usia 5-10 tahun, ada salah satu rekomendasi jaket pelampung anak yang bisa dicoba. Jenis pelampung swim vest step A ini memiliki ukuran 48 sentimeter. Ukuran tersebut tentunya sangat cocok untuk anak dengan usia 5-10 tahun. Strap yang ada pada jaket pelampung ini bisa disesuaikan dan diatur sendiri sehingga mudah dikenakan.

Jaket pelampung ini sangat direkomendasikan untuk belajar berenang dan bisa digunakan di kolam renang maupun tempat bermain air. Bentuk dari pelampung ini juga aman dan praktis akan tetapi tetap harus di bawah pengawasan orang tua. Walaupun sudah mengenakan pelampung tetap saja kita tidak akan tahu apa yang terjadi nantinya.

3. Swim Vest Step B

Ada juga ukuran yang lebih besar lagi jika dirasa jenis jaket pelampung anak di atas kurang pas. Ukuran dari swim vest step B ini sedikit lebih besar dari yang di atas dengan ukuran 51 x 46 sentimeter. Ukuran tersebut adalah ukuran jaket pelampung sebelum dipompa. Jika sudah dipompa maka ukurannya bisa lebih besar dari itu.

4. Swim Vest Step C

Selain ukuran di atas, ada lagi yang agak kecil yaitu berukuran 44 sentimeter, yaitu Swim Vest Step C. Ukuran ini sangat cocok untuk anak di bawah tiga tahun. Mengajari anak di bawah tiga tahun untuk berenang sangat diperlukan karena dapat mengasah kognitif dan motorik anak. Meskipun ada cara lain, tetapi anak perlu dikenalkan untuk berenang.

5. Swim Vest Step D

Dimensi ukuran jaket ini sebelum dipompa adalah 35 x 45 sentimeter. Itu artinya jaket pelampung anak yang satu ini sangat tepat untuk anak di usia satu hingga dua tahun. Jaket ini masih sama seperti di atas yaitu menggunakan jaket dengan bahan vinyl. Bahan tersebut sangat cocok untuk digunakan pada jaket pelampung karena lentur dan mudah dilipat.

Baca Juga : Live Vest Adalah Elemen Wajib Dalam Transportasi Air, Ini Info Selengkapnya

Pentingnya Mengajari Anak Berenang

Renang menjadi salah satu sarana olahraga yang sangat berpengaruh dan mencetak berbagai atlet-atlet yang berprestasi. Terlebih lagi olahraga renang sangat cocok untuk anak dan memiliki manfaat tersendiri yang ternyata tidak disadari. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal mengapa berenang sangat penting untuk anak.

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Olahraga renang memiliki manfaat terutama pada bagian tubuh terpenting pada manusia, yaitu tulang. Hal ini dikarenakan berenang dapat membuat tubuh terlatih semua tanpa membuat stres pada otot dan sendi. Selain itu, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa berenang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Jurnal Internasional untuk Penelitian dan Pengembangan Akuatik yang ditulis tahun 2008 oleh Nancy L. Chase menyebutkan bahwa berenang bisa memperpanjang usia. Tingkat kematian para perenang jauh lebih rendah dibandingkan pelari bahkan orang-orang yang memiliki gaya hidup statis. Gaya hidup statis bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

2. Mengatasi Depresi

Selain dapat memperkuat tulang, berenang juga dapat meningkatkan emosional serta kesehatan mental anak. Apabila dibandingkan dengan jenis olahraga lain, tingkat rileksnya diungguli oleh daya apung air.

Ada juga penelitian yang dilakukan oleh CDC atau Center of Disease Control yang membuktikan bahwa berenang menjadi olahraga yang memakan waktu yang lama. Suasana hati ketika berenang akan berbeda jika dibandingkan dengan olahraga lain. Tidak cukup sampai di situ, berenang mampu untuk mengatasi gejala depresi.

3. Berguna Untuk Masa Depan

Dalam rentang usia 5 hingga 24 tahun, tenggelam menjadi penyebab kematian yang terbesar. Anak yang diajarkan berenang sejak dini tidak hanya bisa berenang namun juga dapat mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Misalnya seperti terbawa arus ombak, tidak sengaja jatuh ke kolam tanpa penjagaan, dan masih banyak lagi.

Memiliki kemampuan berenang juga bisa menjadi salah satu kemampuan yang berguna di masa depan. Anak-anak yang bisa berenang nantinya juga dapat mengajari orang lain yang belum bisa berenang. Selain mengajari orang lain yang belum mampu berenang, anak juga bisa menolong orang lain yang tenggelam, terjatuh ke kolam, dan risiko bahaya lainnya.

4. Melatih Jantung Dan Nafas

Tidak hanya berlari atau jogging saja, berenang juga menjadi olahraga yang melatih jantung. Untuk mengasah jantung, berenang menjadi pilihan bagus. Hal ini dibuktikan dengan gerakan menendang serta mendorong air yang berguna untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan lancar.

Selain jantung, nafas juga akan terlatih dengan sendirinya ketika berenang. Paru-paru nantinya akan menjadi lebih kuat dan pernafasan anak menjadi teratur hanya dengan berenang. Bagi para penderita asma, berenang menjadi salah satu terapi yang tepat untuk mereka.

5. Mengatasi Radang Sendi

Olahraga renang bisa menjadi sarana yang tepat untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan rasa kaku pada radang sendi akibat melompat atau berlari. Meletakkan diri di air bisa membuat tubuh mengapung, serta mendukung bagian tubuh yang lainnya. Ketahanan yang baik bagi tubuh untuk latihan ketahanan adalah ketika di air.

Tinggi badan juga bisa bertambah dengan melakukan olahraga renang. Hal ini tentunya cocok bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Otot akan menjadi lentur dan bisa menambah tinggi badan seseorang terutama pada anak. Itulah mengapa olahraga sangat cocok untuk siapa saja termasuk pada anak-anak sekalipun.

Saat berenang, anak membutuhkan pelampung untuk belajar berenang supaya tidak tenggelam. Akan tetapi banyak pelampung yang tidak cocok untuk berenang. Maka dari itu, jaket pelampung anak sangat cocok digunakan untuk berenang pada anak-anak. Jaket pelampung sendiri terdiri dari berbagai macam jenis sesuai dengan ukuran dan motif yang menarik.

Baca Juga : Jaket Pelampung Dewasa Murah Tapi Berkualitas

Categories: Blog

1 Comment

Pentingnya Jaket Pelampung Demi Menjaga Keselamatan - · January 30, 2020 at 2:33 am

[…] Baca Juga : Jaket Pelampung Anak, Alat Yang Sangat Berguna […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *