Wearpack safety merupakan salah satu jenis pakaian khusus yang dipakai sebagai pelindung tubuh dari aktivitas yang kotor maupun dari bahaya. Dengan begitu, pakaian ini juga termasuk dalam salah satu alat keselamatan. Ingin tahu lebih banyak tentang jenis pakaian ini? Simak uraian selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Wearpack Safety  Serta Apa Fungsinya ?

Disebut juga pakaian keselamatan kerja. Pada beberapa bidang pekerjaan pakaian keselamatan ini wajib untuk dipakai. Faktanya kecelakaan kerja memang agak sulit untuk dihindari. Kebanyakan faktor yang mempengaruhi kecelakaan kerja adalah dari pekerja sendiri yang kurang mematuhi prosedur atau pengamanan kerja.

Sebagai pekerja, kepemilikan alat pelindung diri (APD) sangat penting untuk diperhatikan. Wearpack safety ini adalah salah satu APD yang wajib dimiliki oleh pekerja di bidang tertentu. Misalnya pekerja yang mempunyai profesi khusus dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Sebut saja para pekerja tambang, mekanik bengkel maupun kapal, pekerja lapangan, dan lain sebagainya.

Pemakaian pakaian keselamatan kerja akan secara langsung melindungi pekerja di beberapa bidang tersebut dari segala macam resiko. Pada umumnya desain pakaian keselamatan kerja ini dibuat sesuai keinginan perusahaan masing-masing. Sehingga setiap perusahaan punya ciri khas.

Fungsi dari wearpack safety yang paling utama tentu saja untuk melindungi tubuh pekerja dari hal-hal yang dapat membahayakan. Fungsi tambahan dari pakaian keselamatan ini adalah sekaligus menjadi identitas. Pada sebuah proyek, pabrik, perusahaan pasti memiliki beberapa devisi kerja.

Pakaian keselamatan ini bisa menjadi seragam pekerja yang dibedakan sesuai jabatan. Contohnya pekerja las memakai pakaian keselamatan warna biru. Pekerja listrik memakai warna merah, dan lain-lain.

Baca Juga : Wearpack Adalah Salah Satu Alat Keselamatan Kerja Utama

Bahan-Bahan Pembuat Wearpack Safety

Tentunya salah satu alat keselamatan tersebut dibuat dari kain seperti pakaian pada umumnya. Namun yang membedakan adalah bahan kain tersebut. Setidaknya wearpack  safety ini dibuat dari 3 kelompok bahan yang berbeda yaitu

1. Bahan Standart

Pertama pakaian keselamatan kerja dengan bahan standar pada umumnya . Bahan standart disini juga tentu harus memiliki kualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Pakaian keselamatan kerja dengan bahan standar juga memiliki ciri-ciri tertentu. Misalnya jenis bahan kain yang dipilih harus memiliki pola rajutan yang tepat.

Selain itu harus yang dari bahan yang tidak mudah sobek dan punya standart ketebalan tertentu. Pada umumnya pakaian keselamatan bahan standar memakai jenis kain drill. Jenis kain drill ini cocok digunakan untuk pekerja yang tidak berhubungan langsung dengan percikan api. Jenis kain drill ini seperti genzana drill, Hi-Sofy Drill, dan lainnya.

Ada juga pakaian keselamatan bahan standar menggunakan bahan katun 100%. Sama dengan drill, katun juga cocok untuk pekerja yang tidak bersinggungan langsung dengan api. Bahan katun ini membuat pakaian keselamatan terasa nyaman dipakai dan tahan lama. Selain itu pakaian keselamatan kerja bahan standar ini rata-rata berharga lebih ekonomis.

2. Bahan Khusus

Selain bahan standart, pakaian keselamatan kerja juga ada yang menggunakan bahan khusus. Penggunaan bahan khusus ini semakin membuat pakaian keselamatan pekerja ini terbukti menjadi alat pelindung diri yang wajib digunakan. Ada beberapa bahan khusus yang digunakan untuk membuat pakaian keselamatan kerja seperti

  • Anti api atau flame retandant yang biasa digunakan untuk para pekerja petambangan, atau pemadam kebakaran. Pakaian ini akan menghindarkan pekerja dari percikan api.
  • Water repellent atau anti air yang bisa dipakai oleh pekerja yang berhubungan langsung dengan air misalnya pelaut.
  • Anti kimia, biasa digunakan oleh pekerja di pabrik-pabrik obat, pupuk, atau yang bersinggungan langsung dengan bahan kimia.

Pakaian keselamatan kerja bahan khusus ini perlu perawatan khusus sehingga tidak mudah ditemukan di pasaran. Bahkan pemakaiannya juga harus diawasi langsung oleh ahli K3. Hal ini dikarenakan ada standart tertentu dalam penggunaannya. Misalnya ada yang hanya dipakai sekali ada yang boleh berkali-kali dan lain sebagainya.

3. Material Reflektor

Selanjutnya ada pakaian keselamatan kerja dengan bahan dari material reflector atau biasa disebut sebagai scotlite. Bahan scotlite ini dikenal sebagai bahan pemantul cahaya. Dengan begitu bisa menambah fungsi lain dari pakaian keselamatan tersebut.

Terutama bagi pekerja yang kesehariannya berkutat di lingkungan yang gelap atau minim cahaya misalnya saat malam hari. Menggunakan pakaian keselamatan dengan material reflektor ini sangat disarankan. Bahan reflektor akan otomatis dapat memantulkan cahaya yang diterima sehingga objek tetap nampak kontras.

Namun setiap reflektor ini memiliki tingkat kualitas yang berbeda. Khususnya dalam hal daya pantul maksimal juga terkait dengan ketahanan daya pemakaian.

Baca Juga : Intip Soal Wearpack Keren Yang Wajib Diketahui Berikut!

Model Wearpack Safety

Lalu bagaimana  sebenarnya model pakaian keselamatan kerja? Apakah seperti model pakaian pada umumnya? Simak uraian selengkapanya berikut ini

1. Model Standart

Sebetulnya seiring perkembangan waktu, model pakaian keselamatan kerja ini semakin banyak variasi. Namun secara garis besar, model standartnya hanya ada 2 model. Jadi pakaian keselamatan kerja dengan model standart yaitu

  • Model terusan, yang biasa disebut sebagai model coverall atau overall. Pakaian keselamatan model ini antara bagian atasan maupun bawahan tersambung. Jadi tidak dibuat terpisah sehingga terkesan lebih sederhana. Pemakaianya pun lebih mudah.
  • Model terpisah, yang biasa disebut setelan baju safety. Pada model ini, pakaian keselamatan sengaja dibuat terpisah baik bagian atasanya maupun bawahannya. Namun, desain model seperti ini terlihat lebih nyaman. Walaupun saat pemakaian sedikit membutuhkan waktu, namun tetap memberikan keamanan yang optimal.

2. Varian Model

Selain model standart, jaman sekarang makin banyak varian macam-macam model pakaian keselamatan kerja. Beberapa macam variasi tersebut ditambahkan untuk membuat pakaian keselamatan tersebut terlihat lebih menarik dan tidak monoton. Apa saja variasi model pakaian keselamatan kerja, berikut uraian selengkapnya

  • Menggunakan kombinasi warna pakaian yang berbeda. Hal ini menghindarkan dari kebosanan saat melihat pakaian keselamatan yang hanya polosan saja. Adanya variasi warna yang beragam juga dinilai mampu meningkatkan tampilan desain pakaian tersebut.
  • Untuk atasan pakaian keselamatan kerja, biasa dipasangkan kancing atau resleting terutama untuk bagian depan. Banyak juga beberapa model yang menggunakan kombinasi keduanya. Bahkan ada beberapa yang divariasikan dengan memasangnya di bagian dalam atau bagian luar.
  • Pada umumnya, pakaian keselamatan didesain longgar. Sangat berbeda dengan baju kerja pada umumnya yang sering dipakai pekerja biasa. Hal ini akan membuat pengguna lebih leluasa bergerak.
  • Adanya variasi penambahan saku. Untuk pakaian keselamatan, saku merupakan hal yang cukup penting. Selain digunakan untuk keperluan menyimpan barang, juga bisa bermanfaat untuk memberikan tampilan yang lebih menarik. Penempatan saku pun beragam. Bisa bagian atasan maupun bawahan pakaian. Jumlahnya juga disesuaikan sebanyak yang dibutuhkan.
  • Variasi penambahan reflektor dapat membantu visibilas pengguna pakaian keselamatan kerja. Khususnya bagi mereka yang harus bekerja pada lingkungan yang minim cahaya. Variasi beberapa garis reflektor akan dapat meningkatkan visibilitas sehingga meminimalisir adanya kecelakaan kerja.

Anda yang masih bingung di mana mencari wearpack safety, tentu saja kami solusinya. Kami salah satu supplier alat-alat keselamatan, akan membantu anda yang ingin mencari pakaian keselamatan kerja terbaik. Segera hubungi kami pada nomor yang sudah tertera. Anda juga bisa langsung datang ke alamat kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga : Wearpack Kerja Berkualitas Untuk Berbagai Macam Profesi


3 Comments

Wearpack Adalah Salah Satu Alat Keselamatan Kerja Utama - · January 12, 2020 at 6:55 am

[…] Baca Juga : Mengenali Wearpack Safety, Perlindungan Utama Saat Bekerja […]

Intip Soal Wearpack Keren Yang Wajib Diketahui Berikut! - · January 30, 2020 at 2:56 am

[…] Baca Juga : Mengenali Wearpack Safety, Perlindungan Utama Saat Bekerja […]

Wearpack Kerja Berkualitas Untuk Berbagai Macam Profesi - · January 30, 2020 at 4:29 am

[…] Baca Juga : Mengenali Wearpack Safety, Perlindungan Utama Saat Bekerja […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *