Ear plug adalah suatu perangkat yang didesain khusus untuk melindungi telinga manusia dari suara yang berisik, kemasukan air atau benda asing, maupun tekanan udara. Fungsinya yang dapat mengurangi bunyi sehingga sering digunakan untuk melindungi pendengaran dari ketulian dan penyakit tinnitus.

Pentingnya Menggunakan Ear Plug

Kedua telinga adalah satu-satunya alat manusia untuk mendengar suara dari lingkungan sekitar. Dapat mendengar suara memang penting tetapi adakalanya suara yang berisik ataupun bising dapat mengganggu aktifitas kita seperti belajar tidur dan lain-lain.

Selain itu telinga terutama gendang telinga harus dijaga kondisinya agar tetap sehat tidak ada kerusakan. Terkadang mendengar suara yang sangat keras berkepanjangan dapat mengurangi fungsi pendengaran. Demikian juga atlit renang atau semacamnya yang harus berada di dalam air juga perlu menjaga agar air tidak merusak telinganya.

National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) di Amerika Serikat memberikan saran mengenai berapa lama manusia maksimal mendengar suara kebisingan pada tingkat tertentu. Pada level 85 dB (desibel/satuan untuk mengukur intensitas suara) maksimal boleh terdengar selama 8 jam, 91 dB maksimal 2 jam, 97 dB maksimal 30 menit, 103 dB maksimal 7 menit.

Sekeras apa 85 dB itu? Berikut ini contoh kesetaraan suara dalam satuan desibel dengan suara sesungguhnya:

  • 30 dB sama seperti suara bisikan, musik yang lembut, gemerisik dedaunan
  • 40 dB – suara rata-rata berisik di rumah
  • 60 dB – Suara pembicaraan normal, beckground musik
  • 70 dB – Suara berisik di kantor, suara di dalam mobil yang melaju 100 km/jam
  • 80-89 dB – Kemacetan, restoran yang berisik, suara mesin pemotong rumput, suara AC luar
  • 90-95 dB – percakapan yang berteriak, kereta bawah tanah
  • 96-100 dB – Boombox, ATV, sepeda motor
  • 101-105 dB – School dance
  • 106-115 dB – gergaji mesin
  • 120-129 dB – keramaian suporter bola, konser rock
  • 130 dB – Balapan Mobil
  • 140 dB – Tembakan, sirine berjarak 100 kaki

Pada 80 dB keatas merupakan suara yang sudah tidak lagi baik didengar terlalu lama. Oleh karena itu orang-orang yang sering harus mendengar kebisingan semacam itu disarankan menggunakan ear plug untuk melindungi telinganya.

Baca Juga : Bingung Memilih Pelindung Pendengaran Di Tempat Bekerja? Ear Plug Adalah Jawabannya

Cara Memilih Ear Plug

Sekarang telah banyak dijual berbagai macam earplug, namun disarankan tidak sembarangan membelinya. Karena dibuat dengan berbagai macam jenis bahan yang didesain untuk berbagai keperluan yang berbeda. Apabila sembarangan akan mengakibatkan kurang optimal fungsinya. Saat memilih perlu mempertimbangkan 3 hal, yaitu jenis bahannya, tingkat reduksi suara dan desain penggunaannya.

Memilih Jenis Bahan Ear Plug

Berdasarkan jenis bahannya earplug biasanya dibuat dari berbagai macam bahan. Setiap bahan memiliki karakteristiknya masing-masing. Sebaiknya memilih bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita.

1. Bahan Foam

Bahan ini sangat lembut dan ringan, karena terbuat dari semacam spon kecil. Menggunakannya dengan menekannya dan menyelipkannya pada lubang telinga. Lebarnya akan menyesuaikan sesuai lubang telinga pemakai. Tidak tahan air. Jenis ini memiliki kemampuannya mereduksi suara cukup tinggi. Cocok untuk digunakan dalam waktu yang lama.

2. Bahan Silikon

Biasanya jenis ini terbuat dari elastomer, silikon atau sejenisnya. Kelebihan dari bahan ini adalah dapat digunakan berkali-kali karena tahan air sehingga dapat dicuci. Pemakaiannya terasa menempel ketat di telinga sehingga apabila terlalu lama akan terasa menekan. Cocok bagi yang menggunakan setiap hari karena dapat dicuci, tetapi tidak untuk waktu durasi panjang.

3. Bahan Clay Silikon

Jenis ini berbahan lentur bisa menyesuaikan dengan bentuk telinga. Bentuknya melebar sampai menutupi bagian daun telinga yang dekat dengan lubang telinga. Peredaman suaranya tidak terlalu tinggi sehingga saat tidur kita masih bisa mendengar alarm atau bercakap-cakap dengan suara yang mengecil. Cocoknya digunakan ditempat dengan tingkat kebisingan yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga : Ear Muff Adalah Alat Pelindung Telinga Yang Sangat Penting, Berikut Penjelasannya

Memilih Tingkat Reduksi Suara/NRR

Biasanya saat memilih produk ear plug akan menemui istilah NNR, yaitu Noise Reducing Rating yang artinya adalah tingkat kemampuan mengurangi suara. NNR dalam produk earplug biasanya menunjukan berapa dB kebisingan yang mampu diredam oleh produk tersebut. Semakin besar nilai dB dalam NNR maka semakin besar kemampuan meredam kebisingan. Saat memilih earplug yang cocok diperlukan memilih berapa tingkat NNR yang diperlukan sesuai dengan yang dibutuhkan. Berikut NNR disarankan untuk berbagai keperluan.

1. Tidur

Terkadang banyak orang tidak bisa tidur karena suara unit AC luar yang berisik. Terkadang serba salah apabila AC dimatikan akan gerah, tetapi bila dinyalakan akan berisik. Dengan menggunakan earplug akan menjadi solusi.

Jenis airplug yang cocok buat tidur adalah yang mampu mengurangi bising hingga dapat menikmati tidur pulas tetapi kita masih dapat mendengar alarm yang membangunkan. NNR yang cocok untuk kebutuhan ini adalah yang sebesar 20 dB saja. Suara unit AC luar rata-rata diperkirakan 50 dB, sehingga suaranya akan menjadi lembut.

2. Outdoor

Bagi yang seringkali hidup diluar ruangan, belajar di cafe atau tempat umum, bekerja di kantor yang ramai terkadang mebuat kesulitan untuk fokus. Menggunakan earplug dapat menjadi solusi.

Kebisingan luar ruangan yang umum yang mengganggu sekitar 80-95 dB. Keperluan melindungi pendengaran kita harus menurunkan kebisingan <80 dB. Sehingga cukup menggunakan produk yang sama dengan untuk tidur yaitu yang 20 dB.

Akan tetapi terkadang bagi beberapa orang masih cukup berisik sehingga kurang nyaman, maka bisa disarankan membeli yang lebih tinggi NNRnya yaitu yang sebesar sekitar 30 dB.

3. Pekerja Bangunan

Bagi pekerja yang seringkali berada dalam situasi kebisingan yang sangat keras seperti pekerja bangunan, maka maksud pengurangan kebisingan terutama adalah melindungi pendengarannya agar tidak rusak. Sehingga tujuan utamanya adalah mengurangi dB sampai pada tingkat <80 dB.

Apabila tigkat kebisingan di lokasi proyek sama seperti kebisingan yang dari gergaji mesin. Kebisinga gergaji mesin sekitar 106-115 dB, maka untuk mereduksinya bisa menggunakan produk NNR yang sekitar 30 dB keatas.

Baca Juga : Earmuff Sebagai Pelindung Telinga Dari Kebisingan Di Lingkungan Kerja

Memilih Berdasarkan Desain Penggunaannya

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah desain penggunaan daripada earplug. Berdasarkan penggunaannya desain earplug telah berkembang cukup banyak variasi. Sehingga jangan sembarangan pilih earplug karena kalau tidak digunakan sesuai fungsinya akan tidak optimal. Berikut beberapa desain berdasarkan penggunaannya.

Selain airplug sederhana yang banyak digunakan orang, ada beberapa jenis desain air plug. Beberapa desain airplug yang ada saat ini sudah semakin canggih. Beberapa desain airplug sesuai penggunaannya antara lain airplug sederhana (umum), custom, tidur, untuk musisi, untuk pelindung air, untuk pelindung penerbangan, airplug elektrik, airplug militer.

Penggunaan yang umum digunakan oleh masyarakat adalah desain sederhana (umum), tidur, dan custom. Biasnya fungsinya untuk meredam bunyi saja. Sedangkan yang banyak digunakan dalam kondisi khusus seperti airplug pelindung air untuk berenang, dan airplug penerbangan untuk melindungi telinga dari perubahan tekanan udara di cabin.

Elektronik earplug memiliki fungsi yang lebih canggih. Ia berfungsi memfilter suara dan menyeleksi mana suara yang diteruskan dan mana yang diredam berdasarkan frekuensinya. Fungsi ini hampir sama dengan earplug militer yang meredam suara dengan frekuensi tinggi tetapi meneruskan suara yang frekuensinya lebih rendah. Bedanya ini tidak memerlukan baterai.

Itulah beberapa pembahasan tentang  ear plug. Nah jika Anda membutuhkan ear plug, kami menyediakan berbagai macam ear plug. Dijamin berkualitas dengan harga murah.

Baca Juga : Alasan Dan Cara Penggunaan Ear Plug 3M Yang Benar


3 Comments

Bingung Memilih Pelindung Pendengaran Di Tempat Bekerja? Ear Plug Adalah Jawabannya - · January 12, 2020 at 2:54 pm

[…] Baca Juga : Ear plug – Kegunaan, Jenis dan Cara Memilihnya […]

Alasan Dan Cara Penggunaan Ear Plug 3M Yang Benar - · January 30, 2020 at 3:41 am

[…] Baca Juga : Ear plug – Kegunaan, Jenis dan Cara Memilihnya […]

Ear Muff Adalah Alat Pelindung Telinga Yang Sangat Penting, Berikut Penjelasannya - · January 30, 2020 at 4:04 am

[…] Baca Juga : Ear plug – Kegunaan, Jenis dan Cara Memilihnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *