Helmet safety atau helm keselamatan merupakan helm/penutup kepala yang didesain untuk melindungi kepala dari cedera kecelakaan. Jenis helm keselamatan ini cukup banyak seperti helm sepeda ataupun helm untuk konstruksi. Kepala sebagai bagian tubuh yang sangat penting tentunya perlu mendapat perlindungan saat melakukan aktivitas yang berisiko.

Pentingnya helm keselamatan ini kadang kurang mendapat perhatian oleh masyarakat Indonesia. Pengetahuan yang kurang terhadap pentingnya helm keselamatan seharusnya bisa dihindari dengan edukasi tentang program K3 di sekolah ataupun tempat kerja. Tak sedikit masyarakat yang masih menyepelekan penggunaan helm keselamatan ini.

Manfaat Helmet Safety

Helm keselamatan seperti namanya digunakan untuk menjaga keselamatan pemakainya. Kegunaan helm sebagai pelindung kepala ini dapat bermanfaat bagi keselamatan para pekerja. Berikut ini beberapa manfaat dari helm keselamatan:

1. Melindungi Cedera Pada Kepala

Helm keselamatan yang berbahan tebal dan keras didesain khusus untuk memberikan perlindungan pada pekerja jika terjadi kecelakaan. Ini sangat penting bagi keselamatan pekerja terutama yang bekerja di lapangan dan berisiko dijatuhi benda dari atas. Helm keselamatan juga melindungi kepala dari benda konduktor listrik yang bisa menimbulkan cedera.

2. Melindungi Saat Terpeleset Dan Jatuh

Menggunakan helmet safety saat bekerja di lingkungan yang licin juga diperlukan untuk melindungi kepala dari risiko terjatuh. Ada beberapa tempat kerja yang memiliki lantai basah sehingga perlu menggunakan sepatu khusus. Helm keselamatan juga menjadi penting agar bisa melindungi saat terpeleset.

3. Meningkatkan Peluang Bertahan Dalam Kecelakaan

Kecelakaan kadang bisa terjadi kapan saja, penggunaan pelindung kepala seperti helm keselamatan bisa mengurangi risiko cedera yang parah. Peluang untuk bertahan hidup pun menjadi meningkat pada pekerja yang menggunakan perlengkapan keselamatan kerja ini.

4. Meningkatkan Visibilitas Pekerja

Menggunakan helm keselamatan dapat mendorong visibilitas yang lebih baik bagi pekerja. Ini membantu pekerja membedakan saat mereka bekerja pada siang hari atau malam hari. Para pekerja juga bisa membedakan antara mana para pekerja dan pengunjung dari helm yang dipakai.

5. Melindungi Dari Sinar Matahari

Pada para pekerja di luar ruangan, helm keselamatan ini bisa membantu melindungi teriknya sinar matahari. Rambut dan kulit kepala bisa terlindung dari panasnya sinar matahari. Ini juga membantu mengurangi risiko terkena heat stroke dan pusing karena terlalu panas.

6. Menyediakan Branding Perusahaan

Seragam perusahaan mungkin sudah cukup membedakan pekerja dengan pekerja dari perusahaan lainnya. Namun adanya helm keselamatan yang beragam di perusahaan bisa membantu mengidentifikasi jabatan serta departemen dari para pekerja.

Baca Juga : Helm Proyek – Kegunaan, Arti Warna, Sejarah dan Strukturnya

Tips Penggunaan Helmet Safety

Menggunakan helm keselamatan memiliki banyak manfaat terutama bagi para pekerja dengan risiko tinggi. Penggunaan helm jenis ini juga perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips menggunakan helm keselamatan:

1. Menggunakan Helm Keselamatan Yang Sesuai Dengan Pekerjaan

Saat pertama kali akan menggunakan helm keselamatan maka yakinkan bahwa helm tersebut sudah sesuai tipenya dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Coba untuk gunakan helm tersebut dengan tepat, lalu pastikan bahwa terpasang dengan baik. Helm yang tepat tidak akan kebesaran atau kekecilan, jadi pas melindungi kepala.

2. Memeriksa Setiap Kali Akan Memakai

Meskipun sebelumnya sudah biasa menggunakan, namun helm tersebut perlu diperiksa setiap kali akan memakai. Pastikan bahwa helm tersebut dalam keadaan yang baik, tidak ada yang retak atau rusak. Jika helm tersebut terdapat kerusakan maka bisa diganti dengan helm yang masih baik. Menggunakan helm yang rusak tentunya juga berbahaya bagi keselamatan.

3. Membersihkan Dan Merawat Helm

Helm keselamatan perlu dirawat dan dibersihkan agar tetap bisa melindungi kepala dengan baik. Membersihkan helm jenis ini bisa menggunakan sabun ringan dan air hangat. Pembersih yang terlalu keras sebaiknya dihindari karena bisa berisiko merusak lapisan luar dari helm. Penempatan helm juga perlu diperhatikan yaitu di tempat kering yang tidak langsung terkena sinar matahari.

4. Waktu Mengganti Helmet Safety

Waktu yang tepat untuk mengganti helm keselamatan dengan yang baru sebenarnya tergantung dari kondisi helm itu sendiri. Kebanyakan produsen memberikan rekomendasi spesifik kapan saat yang tepat mengganti helm. Tanggal rekomendasi untuk mengganti helm biasanya tertulis pada bagian luar helm. Helmet keselamatan ini umumnya bertahan sampai 2 tahun sampai 5 tahun.

5. Tidak Menggunakan Penutup Kepala Lain

Saat menggunakan helm keselamatan maka tidak boleh menggunakan penutup kepala lain di dalamnya. Penutup kepala seperti topi tidak boleh dipakai saat memakai helm keselamatan ini. Jangan menaruh benda apapun di dalam helm saat digunakan.

Baca Juga : Perbedaan Beragam Helm Safety Dan Tips Memilihnya

Jenis-Jenis Helm Keselamatan

Helm keselamatan bisa dibedakan atas beberapa jenis. Pada penggunaannya bisa dibedakan menjadi helm keselamatan bagi pekerja dan helm keselamatan untuk olahraga. Pada helm untuk olahraga biasanya banyak dipakai oleh pesepeda. Ini digunakan untuk melindungi kepala saat kecelakaan seperti terjatuh dari sepeda. Ada juga jenis helm untuk anak  yang ukurannya kecil.

Helmet keselamatan bagi pekerja juga bisa dibedakan lagi menjadi helm tipe I dan tipe II. Helm tipe I merupakan helm yang dapat melindungi kepala pemakainya dari kejatuhan benda dari sisi atas. Misalnya saja melindungi kepala dari paku atau palu yang bisa jatuh dari atas.

Helm tipe II merupakan jenis helm yang ditujukan untuk melindungi kepala dari benda jatuh yang berasal dari luar pusat, dari samping, atau dari atas kepala. Pemilihan tipe helm ini bisa disesuaikan dengan kondisi kerja masing-masing. Pemilik usaha seharusnya sudah memahami masalah risiko kerja sehingga dapat memilihkan  tipe helm yang tepat.

Selain itu ada pembagian tipe helmet safety berdasarkan performanya terhadap listrik. Kategori ini membedakan helm keselamatan menjadi tiga yaitu Class E (Electrical), Class G (General), dan Class C (Conductive). Helm yang aman pada kondisi kerja dengan bahaya terkena arus listrik yaitu Class E yang bisa mengurangi risiko tersetrum arus listrik.

Baca Juga : Yuk, Kenali Lebih Dalam Tentang Helm Safety Proyek

Helmet Safety Di Indonesia

Di Indonesia penggunaan helm keselamatan masih perlu ditingkatkan lagi. Jenis helm ini biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah menerapkan program K3. Para bidang usaha yang masih kecil seperti pekerja bangunan masih banyak yang belum sadar pentingnya penggunaan helm keselamatan.

Pihak pemerintah sudah seharusnya mendorong agar keselamatan pekerja perlu mendapatkan perhatian baik itu pada perusahaan kecil ataupun besar. Ini sangat penting untuk menghindari lebih banyak korban akibat kecelakaan kerja. Pemilik usaha juga perlu diberi wawasan tentang pentingnya penerapan program keselamatan dan kesehatan pekerja.

Produsen alat-alat keselamatan kerja di Indonesia sebenarnya mula banyak bermunculan. Salah satunya yaitu Daksana Bumi Teknik. Perusahaan yang satu ini merupakan penyedia alat-alat keselamatan kerja, kesehatan, dan lingkungan. Beberapa produk yang dijual antara lain helm keselamatan, pelindung mata, alat p3k, pakaian pelindung, dan lain-lain.

Daksana Bumi Teknik juga menyediakan beragam jenis helmet safety  bagi pekerja. Para pemilik usaha bisa memilih beragam produk keselamatan dan kesehatan bagi para pekerjanya di sini. Daksana Bumi Teknik menjual beragam jenis produk k3, alat kesehatan, serta alat pengukur lingkungan yang sangat berguna bagi perusahaan.

Baca Juga : Helm Safety Krisbow, Pengaman Kepala Berbagai Jenis Dan Warna


4 Comments

Helm Proyek – Kegunaan, Arti Warna, Sejarah dan Strukturnya - · January 12, 2020 at 7:59 am

[…] Baca Juga : Manfaat Helmet Safety Dan Tips Penggunaannya […]

Yuk, Kenali Lebih Dalam Tentang Helm Safety Proyek - · January 12, 2020 at 8:04 am

[…] Baca Juga : Manfaat Helmet Safety Dan Tips Penggunaannya […]

Helm Safety Krisbow, Pengaman Kepala Berbagai Jenis Dan Warna - · January 12, 2020 at 8:13 am

[…] Baca Juga : Manfaat Helmet Safety Dan Tips Penggunaannya […]

Perbedaan Beragam Helm Safety Dan Tips Memilihnya - · January 30, 2020 at 3:27 am

[…] Baca Juga : Manfaat Helmet Safety Dan Tips Penggunaannya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *