Jaket pelampung atau yang dikenal life jacket termasuk dari salah satu perlengkapan keselamatan di air. Biasanya  jaket keselamtan ini tersedia di tempat-tempat yang berpotensi terjadi bencana atau kecelakaan yang mengakibatkan seseorang bisa masuk ke dalam air.

Pentingnya Menggunakan Jaket Keselamatan

Seperti namanya dalam bahasa Indonesia maupun Inggris telah tergambar fungsinya untuk menjaga seseorang agar tetap mengambang di air sehingga terselamatkan. Perangkat ini sangat berguna untuk keadaan-keadaan diperlukan orang tetap mengambang di air. Selain itu juga digunakan dalam di mana terdapat resiko tenggelam. Seperti:

  • Bencana kapal karam, kecelakaan pesawat di atas laut, menyebrangi sungai, atau bencana banjir.
  • Olahraga air seperti dayung, kayak, layar, rafting, memancing, dll
  • permainan dan rekreasi di pantai, rekreasi di sungai, kolam renang dan lain-lain.

Adanya jaket pelampung seharusnya menjadi SOP bagi pelaku olahraga-olahraga air tersebut, bagi pengelola rekreasi air dan juga termasuk pada pengelola jasa angkutan laut maupun udara.

Sebaiknya masyarakat jangan meremehkan penggunaan life jacket ini. Mungkin beberapa pengunjung tempat rekreasi atau penggiat olahraga air merasa mereka tidak memerlukannya karena merasa bisa berenang, padahal dalam keadaan darurat terkadang kemampuan berenang tidak menolong.

Misal dalam rekreasi atau olahraga air selain resiko tenggelam ada resiko tidak sadarkan diri karena terbentur. Dalam keadaan tidak sadar lantas masuk ke dalam air maka kemampuan berenang sehebat apapun tidak akan bisa menolong.

Belum lagi ketika olahraga atau rekreasi air itu di lokasi yang memiliki arus air yang kuat, terkadang seoarang perenang handalpun sulit bertahan dalam arus yang deras apalagi dalam waktu yang lama. Maka disarankan tetap menggunakan pelampung meskipun punya kemmapuan berenang.

Baca Juga : Live Vest Sebagai Perlengkapan Keamanan Untuk Aktivitas Air

Sejarah Jaket Pelampung

Jauh sebelum berkembang life jacket seperti sekarang, dahulu orang telah menggunakan berbagai macam bentuk alat agar membantu mengapung di air. Temuan paling kuno adalah dengan mengisi kantong kemih hewan yang digelembungkan lalu diikatkan ke pakaian dan tubuh orang yang sedang menyebrangi sungai yang dalam.

Pada awal 1800an berkembang berbagai bentuk alat pelampung personal. Misal Abraham Bosquet yang menyarankan kepada angkatan laut untuk mengembangkan alat pelampung diri dengan dari kanvas kuat yang dibentuk sarungan seperti guling yang diisi oleh serutan gabus. Sarungan dibuat melingkar agar cukup dikalungkan melewati leber dan bahu personel.

Jaket keselamatan umumnya diketahui mulai dikembangkan pada 1854 oleh Kapten Ward. Kapten Ward adalah seorang inspektur di institusi Sekoci Nasional Kerajaan Inggris Raya. Ia membuat romi gabus yang kemudian dikenakan pada awak sekoci sebagai perlindungan terhadap cuaca dan dapat memberikan gaya apung.

Perkembangan berikutnya pada 1900, seorang insinyut kelistrikan Prancis, Gustave Trouvé, membuat life jacket yang dilengkapi dengan baterai. Baterai yang digunakan diindungi dengan karet. Fungsinya untuk memberikan tenaga pompa kecil untuk mengembangkan jaket juga menyalakan lampu untuk mengirim sinyal darurat, dan juga melucurkan suar snyal marabahaya.

Pada perang dunia kedua dikembangkan pelampung mendukung operasi militer. Bahan gabus digantikan dengan kantong-kantong berisi sel-sel kedap air yang diisi dengan kapuk, bahan nabati. Sel-sel lunak ini jauh lebih fleksibel dan nyaman dipakai dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan potongan gabus keras.

Baca Juga : Jaket Pelampung Anak, Alat Yang Sangat Berguna

Jenis Jaket Keselamatan

ada dua kenis model, yaitu bahan terbuat dari stereofoam dan yang kedua bahan dari balon udara. Keduanya apabila digunakan dapat membantu untuk tetap mengapung di atas air. Kapten Ward, seorang inspektur Lembaga Sekoci Nasional Kerajaan Inggris Raya, yang membuat rompi gabus pada tahun 1854 untuk dikenakan oleh awak sekoci untuk perlindungan cuaca dan gaya apung.

1. Jaket Pelampung Stereofoam

Bentuknya berupa rompi yang dalamnya terdapat stereofoam cukup besar. Berwarna terang biasanya oranye atau kuning atau hijau muda, oranye tetap paling banyak. Menggunakan warna-warna terang agar mencolok apabila dilihat dari kejauhan. Terkadang ada juga yang dilengkapi dengan peluit serta lampu yang dapat menyala saat terendam air.

Umumnya pelampung jenis ini berada pada kelelngkapan alat keselamatan diatas kapal. Ada juga yang menggunakannya sebagai alat kesselamatan di pantai, dan kegiatan-kegiatan air lainnya. Cara menggunakannya dengan cara seperti mengenakan kemeja. Masukkan tangan ke lubang tempat lengan, kanan dan kiri lalu dikaitkan tali pengikat dipinggang, Bisa dieratkan.

2. Jaket Pelampung Balon Udara

Jenis lainnya adalah pelampung balon udara. Berbeda dengan pelampung stereofoam, yang hanya tinggal memakainya. Pelampung ini butuh memasukkan udara kedalamnya agar ia dapat mengisi mengambang.

Bentuknya ada dua jenis. Pertama berbentuk rompi yang dikalungkan lewat leher, yang biasa digunakan dalam perlengkapan keselamatan pesawat terbang. Kedua adalah rompi yang dipakai dengan memasukan tangan, seperti rompi pada umumnya. Biasanya ini digunakan untuk perlengkapan rekreasi berenang. Biasa juga dikenal dengan jaket pelampung tiup

Untuk jaket balon udara yang digunakan di pesawat biasanya mengisi udaranya menarik tuas yang otomatis kantong udara yakan terisi. Biasanya berwarna kuning, dilengkapi lampu yang meyala saat terendam air dan juga terkadang ada peluit. Disediakan juga tube untuk meniup pelampung apabila ada kerusakan pada alat pengisi udaranya.

3. Jaket Pelampung Aksi

Selain jaket keselamatan yang digunakan dalam transportasi umum seperti kapal laut dan lainnya ada juga jaket alat pelampung yang dikembangkan untuk lebih bebas melakukan aksi. Biasanya digunakan pada jenis olahraga air seperti dayung, kayak, rafting, pancing dan lain-lain. Selain itu juga dikembangakn di militer.

Jaket mengapung untuk aksi biasanya terbuat dari stereofoam. Bedanya adalah terletak pada bentuk desainnya. Desainnya tidak menggunakan stereofoam yang besar, tetapi rompinya didesain dengan adanya kantog-kantong. Kantong-kontong itulah yang diisi stereofoam. Karena desainnya dengan sel-sel kantung semacam itu membuat tampak lebih ramping sehingga leluasa bergerak.

4. Jaket Pelampung Hewan Peliharaan

Bagi pencinta hewan seperti kucing ataupun anjing saat ini sudah banyak bermunculan jaket keselamatan untuk hewan. Desainnya biasanya terbuat dari busa yang diletakkan di punggung hewan tersebut termasuk melingkari leher. Kebanyakan memberikan daya apung dasar pada hewan, meskipun maih kurang di sisi kepala.

Penggunaan jaket kelselamatan untuk hewan ini biasnaya digunakan pada kewaspadaan hewan agar tidak tenggelam. Mungkin mereka mampu berenang tetapi apabila mereka sudah tua atau juga kelelahan kemungkinan membutuhkan bantuan pelampung ini. Selain itu juga banyak digunakan dalam praktek terapi air bagi hewan peliharaan.

Baca Juga : Live Vest Sebagai Perlengkapan Keamanan Untuk Aktivitas Air

Memilih Jaket Keselamatan

Memilih jaket keselamatan terbaik sebaiknya memperhatikan beberapa hal, agar bisa memberikan fungsi yang maksimal dalam penggunaannya. Hal-hal yang harus diperhatikan untuk memilih jaket keselamatan antara lain:

  • Apakah untuk keselamatan transportasi, olahraga aksi, ataupun rekreasi dan berenang. Tidak satu jenis pelampung cocok untuk segala kegiatan. Pelampung untuk keselamatan penumpang transportasiakan sangat sulit digunakan untuk olahraga aksi, karena membatasi gerak.
  • Sebaiknya pemakaian sesuai ukuran, terutama untuk anak-anak sebisa mungkin juga disediakan ukuran anak. Sebab biasanya beratnya lumayan.
  • Pastikan kelengkapan jaket tersebut, terutama tali pengikatnya ada dan berfungsi dengan baik.

Kami menjual bermacam-macam jaket keselamatan berkualitas dengan harga murah. Ada jaket pelampung pancing, rafting, dayung, kayak. Tersedia juga jaket keselamatan untuk dewasa dan anak-anak. Semua yang yang kami jual sudah sesuai dengan standart peralatan keselamatan yang dibutuhkan. Kami siap membantu mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Silakan hubungi kami.

Baca Juga : Live Vest Adalah Elemen Wajib Dalam Transportasi Air, Ini Info Selengkapnya

Baca Juga : Jaket Pelampung Dewasa Murah Tapi Berkualitas

Categories: Blog

2 Comments

Live Vest Sebagai Perlengkapan Keamanan Untuk Aktivitas Air - · January 12, 2020 at 1:24 pm

[…] Baca Juga : Pentingnya Jaket Pelampung Demi Menjaga Keselamatan […]

Live Vest Adalah Elemen Wajib Dalam Transportasi Air, Ini Info Selengkapnya - · January 30, 2020 at 4:18 am

[…] Baca Juga : Pentingnya Jaket Pelampung Demi Menjaga Keselamatan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *